Pertanyaan ini banyak ditemukan sebagai judul dalam postingan di berbagai blog tutorial yang menyampaikan informasi tentang cara menghasilkan uang dari ngeblog atau istilah kerennya di kalangan para blogger disebut dengan Monetisasi Blog.

blog ads soraya

Jika anda menelusuri google search engine, maka anda akan menemukan ratusan blog yang telah membahas dan menjawab pertanyaan ini dengan berbagai gaya bahasa penulisan blog (ada yang sangat jelas dengan memberikan contoh plus dilengkapi gambar cara-cara dan bukti penghasilan blog mereka. Ada juga cuma keterangan sekedarnya saja alias tulisan blog asal-asalan, atau ada juga bahkan yang membingungkan bagi pembaca yang sangat awam)

Postingan kali ini, tidaklah membahas dan memberikan jawaban secara detail tentang pertanyaan tersebut. Namun jika ANDA memerlukan jawaban ala kadarnya atas pertanyaan tersebut, maka yang bisa saya berikan adalah:

Jual sesuatu secara sukses melalui blog anda.

Contohnya: Anda bisa menjual pakaian, barang elektronik, ebook, dan sesuatu yang legal lainnya. Buatlah postingan yang menjelaskan tentang sesuatu yang anda jual dan cara untuk membeli barang tersebut. Selanjutnya, promosikan blog dan postingan tersebut serta pastikan agar pembaca tertarik dan mau membeli.

Tawarkan Jasa Anda

Selain menjual barang, anda bisa juga menawarkan jasa atau keahlian anda. Caranya sama, yaitu dengan mempublikasikan postingan atau halaman yang menjelaskan tentang jasa yang anda tawarkan. Kemudian promosikan blog tsb.

Jalankan Afiliasi atau Referral

Jika anda tidak ingin menawarkan jasa dan menjual produk anda sendiri, maka anda bisa menjual produk perusahaan orang lain yang menawarkan keuntungan dari kesuksesan anda mempromosikan produk mereka via blog. Untuk hal ini, anda bisa menjalankan program afiliasi dan referral perusahaan. Contoh perusahaan toko online dengan produk-produk untuk orang Indonesia, yang menyediakan sistem penjualan dengan afiliasi yang bisa diikuti oleh para pemilik website dan para blogger yaitu: Lazada.co.id, Bhinneka, dll. Silahkan baca: Arti Referral.

Sediakan Ruang Untuk Iklan

Cara lain untuk menjadikan blog anda sebagai mesin uang adalah, dengan menyediakan ruang untuk penempatan iklan teks, iklan banner, dan publikasi artikel editorial via postingan langsung di situs blog anda. Ruang iklan bisa anda tentukan misalnya di bagian sidebar, footer, header, dan elemen halaman lainnya yang memungkinkan.

Jika anda percaya diri dengan kualitas blog anda, maka anda bisa menjual ruang penempatan iklan banner, misalnya ukuran: pasang banner 200x200 di sidebar hanya 1 juta dan tayang selama 3 bulan, atau sesuai ketentuan anda.

Publikasi artikel editorial yaitu mempublikasikan postingan artikel yang disediakan oleh orang atau perusahaan tertentu. Konten dalam artikel editorial, bisa berisi info tentang jasa perusahaan, produk2 perusahaan, dll. Kami sendiri sering menerima permintaan untuk mempublikasikan artikel editorial pada blog kami lainnya dengan nilai penawaran pembayaran minimal Rp. 150rb per 1 judul artikel (Nilai ini sangat rendah dibandingkan pembayaran pada situs blog dengan traffic pageview di atas 6000 kunjungan perhari).

Jalankan Adsense

Hampir sama dengan penyediaan ruang iklan, bedanya anda tidak perlu sibuk mencari orang/perusahaan untuk memasang iklan di situs blog anda, karena perusaan online penyedia adsense akan mencarikan orang atau perusahaan yang akan memasang iklan di situs blog anda. Contoh iklan adsense adalah seperti beberapa tayangan iklan otomatis yang terlihat di blog ini, baik iklan milik wapblog.id maupun adsense dari kami sendiri.

Ada banyak penyedia adsense, dan salah satunya yang paling populer dan sangat diminati serta dapat dipercaya adalah google adsense.

Blog Soraya ini dibuat sekitar semingguan yang lalu, setelah pengaturan template, keywords, dan lain sebagainya, kami mencoba menjalankan program monetisasi blog ini dg ads, dan hasilnya, blog ini telah menghasilkan uang sekitar Rp. 15rb+ dari penayangan iklan adsense. Selain google ads, anda bisa menggunakan AdNow, PropellerAds, MGID, dan banyak lainnya.

Salam Suksess !!!